-->

Rekomendasi Sarung Tangan Plastik yang Aman untuk Medis dan Makanan

Sarung tangan plastik kerap digunakan oleh sejumlah pihak untuk berbagai hal. Tujuannya untuk mencegah penularan bakteri dan menjaga higienitas suatu benda atau makanan ketika menyentuhnya. Namun, sarung tangan jenis ini bersifat sekali pakai karena bahan yang tipis dan mudah robek.

Sejarah Sarung Tangan Sekali Pakai


Pada bulan Mei 1889, Dr. William Stewart Halstead, kepala bedah di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, mendapatkan ide untuk sarung tangan sekali pakai karena permintaan dari asisten perawatnya. Asistennya, Caroline Hampton, mengeluh bahwa bahan kimia yang dia tangani membuatnya mengalami ruam di tangannya.

Dr. Halstead menghubungi Goodyear Rubber Company dengan membawa sebuah desain, dan bersama-sama mereka menemukan sepasang sarung tangan karet pertama di dunia. Hampton sangat menyukai sarung tangan itu sehingga Dr. Halstead akhirnya memesan lebih banyak dari Goodyear, dan segera seluruh staf bedah Halstead memakainya selama operasi. Sungguh ironis untuk mempertimbangkan bahwa sarung tangan diterima secara luas oleh tim Halstead karena memungkinkan peningkatan ketangkasan, bukan karena kekuatan mereka menghentikan kuman.

Pada saat sarung tangan Dr. Halstead bertambah populer, komunitas medis masih belum memiliki pemahaman yang benar tentang betapa pentingnya kebersihan dalam bidang medis. Pada tahun 1881, Louis Pasteur mengajukan teori kuman penyakit, yang intinya menyatakan bahwa penyakit disebabkan oleh organisme mikroskopis. Ketika teori itu akhirnya diterima secara luas, sarung tangan sekali pakai tiba-tiba dianggap lebih relevan dengan industri medis.

Manfaat Sarung Tangan Plastik di Industri Makanan

Meskipun hanya dapat digunakan sekali pakai dan memiliki tingkat keamanan rendah, sarung tangan jenis ini lebih ramah anggaran. Tidak heran berbagai industri memilih sarung tangan plastik sebagai salah satu perlengkapan yang wajib digunakan oleh karyawan.

Selain itu, sarung tangan plastik juga bebas lateks sehingga aman untuk Kamu yang memiliki alergi.

Namun, sarung tangan jenis ini hanya digunakan untuk kegiatan industri yang beresiko rendah. Dalam kehidupan sehari-hari sarung tangan plastik dapat digunakan ketika mengecat rumah, berkebun, memotong sayur, mencuci ikan, menganti kabel putus, dan masih banyak lagi.

Sarung tangan plastik tidak boleh digunakan dalam aktivitas medis. Bahan yang terlalu tipis mudah robek sehingga rentan terhadap penularan virus berbahaya.

Bahaya Sarung Tangan Plastik Terhadap Pencemaran Lingkungan

Memiliki sifat sekali pakai, dengan kata lain Kamu harus membuang sarung tangan plastik setelah memakainya. Perlu diingat kembali limbah plastik sulit terurai dalam tanah.

Sampah sarung tangan plastik dalam industri mungkin didaur ulang atau dibakar di fasilitas limbah menjadi energi. Lalu, bagaimana dengan sampah rumah tangga yang berakhir di tempat pembuangan dan tertimbun hingga ribuan tahun?

Untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, sebaiknya gunakan sarung tangan plastik saat benar-benar dibutuhkan saja. Tidak semua kegiatan yang setiap hari Kamu lakukan membutuhkan sarung tangan.

Rekomendasi Merk Sarung Tangan Plastik Foodgrade

Berikut merk sarung tangan plastik foodgrade terbaik yang bisa Kamu gunakan.

Onemed

sarung tangan plastik

 

Sarung tangan plastik Onemed terbuat dari bahan cost polyethylene sehingga lebih kuat dan tebal. Dalam satu pak kemasan terdapat 100 pcs atau 50 pasang sarung tangan yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7.000,00. Masin-masing memiliki berat sekitar 1,6 gram. Sarung tangan ini cocok untuk kegiatan salon, rumah tangga, mekanis, dan lainnya.

Bagus

Bagus sarung tangan plastik sudah bersertifikasi halal dan aman bersentuhan dengan makanan atau foodgrade. Sarung tangan ini dapat digunakan untuk segala macam kegiatan, seperti bersih-bersih, membuat kue, berkebun, mengecat, dan masih banyak lagi. Selain itu, produk ini juga memiliki keunggulan bebas BPA.

Satu pak Bagus sarung tangan plastik berisi 50 pcs dibanderol dengan harga Rp 10.200,00.

Mister Klinner

sarung tangan plastik

Sarung tangan plastik Mister Klinner sekali pakai terbuat dari bahan yang diklaim tidak mudah robek. Sarung tangan merk ini populer diberbagai industri, usaha restoran, pabrik makanan, salon, klinik, laboratorium, dan lain-lain. Harga per pak isi 50 pcs sangat terjangkau. Di toko online dibanderol mulai dari Rp 10.500,00.

Artisan

Sarung tangan plastik steril sekali pakai Artisan diklaim anti alergi dan tidak beracun. Fungsi sarung tangan plastik ini untuk melindungi Kamu dari bahan-bahan kimia selama mencuci, atau menjaga makanan tetap bersih selama proses pengolahan.

Selain itu, sarung tangan plastik Artisan juga memenuhi standar untuk kegiatan beresiko rendah di rumah sakit, salon, dan rumah tangga.

Satu pak sarung tangan plastik Artisan berisi 50 pcs dibanderol dengan harga 10.000,00.

Olaif

Olaif Disposable Plastic Gloves mampu melindungi tangan Kamu dari kotoran atau zat-zat berbahaya lainnya yang dapat merusak kulit. Sarung tangan plastik ini terbuat dari HDPE dengan ketebalan 15 mikron. Terbuat dari bahan tebal dan kuat sehingga tahan sobek selama digunakan.

Selain itu, Olaif Disposable Plastic Gloves terbuat dari bahan bebas BPA Free berkualitas tinggi. Oleh karena itu, ramah terhadap berbagai macam makanan dan tidak mengandung racun.

100 pcs Olaif Disposable Plastic Gloves bisa Kamu dapatkan hanya dengan Rp 14.000,00 di toko online.

Bagus PiPi

Bagus PiPi sarung tangan plastik anak yang sudah tersertifikasi halal. Aman digunakan untuk buah hati Kamu karena diklaim foodgrade. Memiliki ketahanan terhadap panas hingga 100°C. Ketebalan sekitar 10 mikro lebih tebal dari sarung plastik anak pada umumnya.

Harga yang ditawarkan relatif malah mulai dari Rp 30.000,00 per pak. Ini sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Aquagloves

Sarung tangan plastik higienis Aquagloves terbuat dari bahan yang ramah makanan. Tidak mudah robek karena HDPE berkualitas tinggi. Memenuhi standar untuk kegiatan medis, industri, laboratorium, hingga rumah tangga. Harga per 100 pcs mulai dari Rp 5.250,00.

Mili

Mili sarung tangan plastik berkualitas dengan harga yang relatif murah. Harga per pak mulai dari Rp 10.000,00 di toko online. Sarung tangan ini memiliki ketebalan di atas rata-rata sehingga awet dan tidak mudah robek. Cocok digunakan untuk kebutuhan usaha maupun kegiatan sehari-hari.

Cleany

Sarung tangan plastik Cleany diklaim ramah lingkungan. Dibuat dari bahan HDPE murni berkualitas yang menjamin kebersihan makanan atau benda lainnya. Inovasi sarung tangan plastik dengan desain nyaman dan anti selip. Harga per 100 pcs mulai dari Rp 7.000,00 tersedia di toko offline maupun online.

Eco Glov

Sarung tangan plastik Polyethylene Eco Glov nyaman digunakan karena memiliki permukaan embos. Dijamin BPA Free dan bebas latex sehingga aman untuk kulit sensitif. Harga per pak isi 100 pcs sarung tangan Eco Glov dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7.500,00.

Itulah informasi penting terkait sarung tangan plastik. Kamu harus bijak dalam menggunakan sarung tangan plastik untuk menanggulangi pencemaran lingkungan.
LihatTutupKomentar