-->

Mengetahui Fungsi dari Corong Pisah dalam Kegiatan Penelitian

Seperti yang sudah diketahui bersama, jika laboratorium itu merupakan sebuah tempat yang biasanya digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan eksperimen. Di mana salah satu kegiatan eksperimen yang sering dilakukan di laboratorium yaitu ekstraksi.

Biasanya untuk mempermudah eksperimen ekstraksi itu para peneliti akan menggunakan bantuan alat bernama corong pisah. Corong pisah sendiri merupakan sebuah peralatan laboratorium yang memiliki peranan sangat krusial untuk menentukan keberhasilan penelitian. Lantas apa  fungsi dari corong pisah pada kegiatan penelitian itu?

Apa itu Corong Pemisah?

Corong Pemisah
 

Sebuah corong pisah berbentuk kerucut dengan ujung setengah bola. Alat ini memiliki stopper di bagian atas dan stopcock (ketuk), di bagian bawah. Corong pemisah yang digunakan di laboratorium biasanya terbuat dari kaca borosilikat dan stopcocknya terbuat dari kaca atau PTFE. Ukuran tipikal adalah antara 30 mL dan 3 L.

Dalam kimia industri, ukurannya bisa jauh lebih besar dan untuk volume yang juga lebih besar. Sisi miring dirancang untuk memudahkan identifikasi lapisan. Outlet stopcock yang bisa diatur dirancang untuk mengalirkan cairan keluar dari corong. Di atas corong terdapat sambungan lancip standar yang cocok dengan kaca arde atau sumbat teflon.

Corong pemisah digunakan untuk memisahkan cairan yang tidak bisa bercampur. Ketika dua cairan yang tidak bercampur ditempatkan dalam corong pisah, dua lapisan akan terlihat. Pelarut yang lebih padat akan menjadi lapisan bawah.

Sebagian besar pelarut terhalogenasi lebih padat daripada air, sebagian besar pelarut non-halogenasi kurang padat dibandingkan air. Jika Anda tidak yakin lapisan yang mana, tambahkan setetes air dan lihat lapisan mana yang bergabung.

Sebelum melakukan ekstraksi, corong pemisah harus diperiksa secara menyeluruh. Coba tanyakan beberapa hal:

  • Apakah sumbatnya pas?
  • Apakah stopcock terpasang dengan benar? Apakah bocor?
  • Apakah ada retakan atau ujung yang tajam?
  • Apakah corongnya cukup besar? (harus dua kali volume total cairan yang digunakan)

Apa Fungsi dari Corong Pisah Itu?

Corong Pemisah
Di dalam dunia penelitian, corong pisah sendiri dikenal sebagai peralatan yang mempunyai fungsi khusus. Di mana corong berbentuk kerucut itu memiliki fungsi utama sebagai alat untuk memisahkan komponen dalam suatu campuran. Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi fungsi lainnya dari corong pisah tersebut. Adapun beberapa fungsi dari corong pisah yang perlu diketahui seperti berikut ini.

Untuk Mengencerkan Larutan

Perlu diketahui bahwa corong pisah itu juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengencerkan larutan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Dalam hal ini nantinya corong itu akan memisahkan komponen-komponen larutan secara otomatis. Dengan begitu bisa menghemat waktu dan tenaga.

Memisahkan Komponen  pada Cairan

Selain mengencerkan larutan, peralatan laboratorium itu juga bisa dimanfaatkan untuk memisahkan cairan yang memiliki akurasi sangat tinggi berdasarkan polaritas berbeda. Tahap ini biasanya disebut dengan proses ekstraksi larutan. Pada proses ekstraksi larutan sendiri nantinya kedua cairan itu akan dikocok terlebih dahulu.

Hal itu bertujuan agar semua komponen bisa menyatu secara homogen sesuai dengan densitasnya. Kemudian barulah corong itu akan didiamkan selama beberapa menit supaya masing-masing fasa cairan bisa terpisah secara sempurna. Untuk hasilnya sendiri larutan yang sudah dipisah menggunakan corong ini akan mempunyai massa jenis lebih kecil di bagian bawah. 

Corong Pemisah

Bagaimana Cara Pemakaian Corong Pisah Itu?

Memang benar di dalam kegiatan penelitian itu ekstraksi termasuk ke dalam kategori pengujian yang sangat kompleks. Kendati demikian dengan menggunakan corong pisah kegiatan itu bisa menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan. Adapun tata cara penggunaan corong pisah di dalam kegiatan penelitian ekstraksi seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk menyiapkan terlebih dahulu corong pisah yang kondisinya bersih.
  • Kemudian silahkan untuk memasukkan 2 fasa pelarut ke dalamnya.
  • Setelah itu kocoklah corong pisah tersebut searah jarum jam di ruangan yang terbuka.
  • Tahap berikutnya silahkan untuk membuka kran yang terdapat pada corong pisah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya.
  • Selanjutnya lakukan proses pengocokan dan pengeluaran gas secara terus-menerus hingga fasa larutan yang ada di dalamnya bisa terpisah dengan sempurna.
  • Apabila larutan itu sudah berhasil terpisah, bisa langsung menempatkan corong tersebut di satif maupun ring.
  • Terakhir silakan untuk membuka penutup corong itu dan keluarkan fasa pelarut yang terletak di bagian paling bawah, lalu masukkan ke dalam gelas beker.

Perlu diketahui bahwa alasan mengapa pembuangan gas dari corong pisah itu perlu dilakukan di ruangan yang terbuka agar nantinya cairan tersebut tidak mengenai orang-orang di sekitar. Dalam hal ini kamu bisa membuang gas itu di samping jendela laboratorium.

Mengetahui Bentuk dari Corong Pisah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, corong pisah ini memiliki bentuk menyerupai bangun ruang kerucut. Hanya saja corong tersebut telah dilengkapi dengan penyumbatan di bagian mulut atasnya dan kran kecil di bawah.

Bentuk dari peralatan laboratorium itu memang sengaja dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan fungsinya. Untuk bodinya sendiri corong itu dibuat dari bahan berupa kaca borosilikat. Sementara untuk bagian krannya dibuat dari bahan berupa teflon maupun kaca. Hadir dengan warna transparan membuatnya terbukti bisa mempermudah para peneliti ketika sedang melakukan uji eksperimen.

Bukan hanya itu saja namun corong pisah itu juga dibuat dari bahan yang tahan terhadap berbagai zat. Dengan begitu sangat aman digunakan untuk meneliti zat-zat kimia termasuk yang bisa menghantarkan panas.

Harga Corong Pisah yang Ada di Pasaran

Apabila berbicara mengenai harga dari corong pisah  sendiri pasaran dibandrol dengan tarif yang cukup bervariasi tergantung dari ukurannya. Itu artinya jika kamu membeli corong pisah berukuran besar maka harganya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang dimensinya kecil. Adapun informasi lengkapnya mengenai kisaran harga corong pisah yang ada di pasaran seperti berikut ini.

  • Harga corong pisah berukuran 50 ml dibanderol sekitar 150 ribu.
  • Harga corong pisah berukuran 100 ml dibanderol sekitar 200 ribu
  • Harga corong pisah berukuran 250 ml dibandrol sekitar 250 ribu.
  • Harga corong pisah berukuran 500 ml dibandrol sekitar 300 ribu.
  • Harga corong pisah berukuran 1000 ml dibandrol sekitar 500 ribu.

Tips Memilih Corong Pisah yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebenarnya untuk mendapatkan corong pisah itu saat ini terbilang sangatlah mudah dilakukan. Mengingat sekarang sudah banyak orang yang menjualnya baik secara offline maupun online di marketplace. Meskipun begitu ketika ingin membelinya kamu perlu memilih corong pisah yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Adapun beberapa tips memilih corong pisah yang sesuai dengan kebutuhan seperti berikut ini.

  • Pilihlah corong pisah berdasarkan ukurannya.
  • Periksa terlebih dahulu isi set dari corong pisah tersebut.
  • Pastikan telah mengetahui terlebih dahulu bentuk-bentuk corong pisah yang ada di pasaran.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi dari corong pisah yang perlu kamu ketahui.

LihatTutupKomentar