-->

8 Manfaat Menggunakan USG 5 Dimensi untuk Memeriksa Kehamilan

Jika zaman dahulu pemeriksaan kehamilan hanya bisa dilakukan dengan USG 2D atau 3D. Namun seiring berkembangnya zaman kini ibu hamil bisa memeriksakan kandungannya dengan memilih metode USG 5D. 

USG 5 dimensi sendiri merupakan sebuah metode mengambil gambar janin yang ada di perut dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi.

Menariknya hasil pemeriksaan yang dilakukan dengan metode 5D itu jauh lebih baik jika dibandingkan tipe 2, 3 maupun 4 dimensi. 

Oleh karenanya wajar jika USG 5D saat ini sangatlah diminati. Bukan hanya itu saja tetapi USG 5D ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kehamilan. Lantas apa saja manfaat dari USG 5 dimensi untuk kehamilan itu?


usg 5 dimensi

Mengenal Lebih Dekat dengan Pengertian  USG 5 Dimensi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, USG 5 dimensi merupakan metode pengambilan gambar janin di dalam kandungan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi. 

Dikarenakan proses pengambilannya dilakukan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi menyebabkan hasil gambarnya jauh lebih baik daripada versi 3D, 2D maupun 4D.

Bukan hanya itu saja namun gambar yang dihasilkan dari USG 5 dimensi ini juga jauh lebih jelas sehingga membuatnya lebih dikenal dengan sebutan HD ultrasound. Meskipun begitu ternyata teknologi yang digunakan sama dengan USG 3D maupun 4D. Hanya saja dalam hal ini software yang digunakan untuk mengolah gambar tersebut jauh lebih canggih.

usg 5 dimensi

Apa Saja Manfaat dari USG 5 Dimensi Itu?

Pada dasarnya manfaat dari USG 5 dimensi itu tidaklah jauh berbeda dengan versi 3D maupun 4D. Di mana memiliki fungsi utama untuk membantu para dokter dalam melihat tumbuh kembang janin di perut sang ibu. Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi manfaat lainnya dari USG 5 dimensi ini untuk kehamilan seperti berikut ini.

  • Berfungsi untuk mengkonfirmasikan  kehamilan dan posisi janin di dalam perut sang ibu.
  • Berfungsi untuk menentukan usia kehamilan.
  • Membantu untuk mengidentifikasikan potensi terjadinya kehamilan kembar.
  • Mengevaluasi tentang perkembangan janin.
  • Untuk mempelajari air ketuban dan plasenta ibu hamil.
  • Berfungsi untuk mendeteksi cacat lahir yang ada pada calon bayi.
  • Untuk mencari tahu tentang penyebab komplikasi selama kehamilan berlangsung.
  • Untuk mengetahui posisi janin sebelum proses persalinan.

Bagaimana Prosedur Dalam Pemeriksaan USG 5 Dimensi Itu?

Meskipun hasil dari USG 5 dimensi itu jauh lebih bagus daripada versi 3 maupun 4D. Tetapi untuk prosedur pemeriksaannya memiliki kesamaan. 

Di mana proses pemindaian itu dilakukan dari luar perut  ibu hamil. Adapun informasi lengkapnya mengenai prosedur pemeriksaan USG 5 dimensi seperti berikut ini.

Nantinya seorang dokter akan meminta ibu hamil untuk berbaring terlebih dahulu di atas meja periksa.
Kemudian dokter akan mengoleskan gel di bagian perut ibu hamil dan tubuh lainnya yang hendak diperiksa.

usg 5 dimensi


Setelah itu sensor penangkap gelombang akan digerakkan di sekitar perut ibu hamil tersebut.
Dalam hal ini kemungkinan seorang dokter akan meminta ibu hamil untuk berdiam dan menahan nafas selama beberapa detik agar nantinya gambar yang dihasilkan bisa jelas.

Terakhir setelah proses pemeriksaan selesai dilakukan gel yang masih menempel pada bagian perut ibu hamil akan dibersihkan menggunakan tisu.

Mengetahui Perbedaan Antara USG 5 Dimensi dengan Versi Lainnya

Memang benar cara kerja dari USG 5 dimensi ini mempunyai kemiripan dengan versi 3 maupun 4D. 

Tetapi perlu diketahui bahwa ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara USG 5 dimensi dengan versi lainnya itu. Adapun beberapa perbedaan yang dimaksud itu seperti berikut ini.

  • Pada USG 2 dimensi gambar yang dihasilkan masih datar dengan warna hitam putih
  • Kemudian pada USG 3 dimensi gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam dan hidup jika dibandingkan versi 2D. Walaupun begitu gambar yang dihasilkan ini tidak bisa bergerak.
  • Selanjutnya USG 4 dimensi gambar yang dihasilkan mempunyai kemiripan dengan 3D. Hanya saja dalam hal ini bentuknya bisa bergerak. Selain itu hasil dari USG 4 dimensi ini juga sudah disertai dengan beberapa data diagnostik pendukung lainnya.
  • Sedangkan pada USG 5 dimensi gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas jauh lebih baik daripada versi sebelumnya. Bahkan gambar itu bisa memindai organ jantung, anggota tubuh dan sistem saraf lainnya sehingga lebih spesifik.

Apakah USG 5 Dimensi itu Aman Dilakukan?

Jika berbicara mengenai keamanan dari USG 5 dimensi itu, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apakah aman atau tidak. Pasalnya jumlah penelitian terkait USG itu saat ini masih terbatas. 

Namun terlepas dari permasalahan itu, menurut SDA USG 5 dimensi itu bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Oleh karena itu prosedur tersebut tidak boleh dilakukan terlalu sering. 

Bukan hanya itu saja namun pemeriksaan USG 5 dimensi ini juga harus dilakukan oleh tenaga medis yang sudah terlatih. Hal itu bertujuan untuk mengurangi resiko dari efek samping yang kemungkinan akan terjadi.

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat dari USG 5 dimensi yang perlu kamu ketahui.

LihatTutupKomentar