-->

5 Manfaat Alkohol 70 yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat di Indonesia

Alkohol 70 menjadi salah satu produk kesehatan yang wajib ada di rumah. Hal itu dikarenakan produk tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu dapat digunakan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka. Dengan begitu nantinya luka yang ada pada tubuh bisa cepat sembuh.

Namun bukan hanya itu saja ternyata masih banyak lagi manfaat lainnya dari alkohol 70% tersebut. Lantas apa saja manfaat lainnya dari Alkohol 70% itu ?. Alasan Mengapa Harus Menggunakan Alkohol 70% Di Indonesia sendiri untuk menemukan alkohol 70 itu sangatlah mudah dilakukan.

Pasalnya saat ini produk tersebut telah dijual di apotek dan minimarket dengan dua pilihan yakin tipe 70% dan 100%. Namun dalam hal ini kamu disarankan untuk memilih yang tipe 70%. Alasannya dikarenakan alkohol 70% itu terbukti sangat efektif untuk membunuh kuman yang ada di permukaan dengan cara menghancurkan dinding sel dari bakteri tersebut. 

alkohol 70


Dengan begitu membuat bakteri yang menempel di permukaan benda bisa benar-benar hancur dan mati. Sedangkan pada alkohol 100% itu kurang efektif untuk menghancurkan dinding sel yang ada di permukaan.

Bahkan alkohol dengan kadar yang sangat tinggi itu berpotensi bisa membentuk lapisan tambahan, sehingga dapat membuat bakteri yang ada di atas permukaan tidak bisa mati melainkan hanya tidur saja. 



alkohol 70

Sejarah Alkohol

Meskipun tidak ada yang tahu persis kapan alkohol pertama kali diproduksi, kemungkinan besar justru ditemukan dari insiden kecelakaan yang terjadi setidaknya puluhan ribu tahun yang lalu. Namun, penemuan kendi bir Zaman Batu akhir telah menetapkan fakta bahwa minuman yang difermentasi dengan sengaja telah ada setidaknya sejak periode Neolitik sekitar 10.000 tahun yang lalu, dan diduga bahwa bir mungkin telah mendahului roti sebagai makanan pokok.

Anggur jelas muncul sebagai produk jadi dalam piktograf Mesir sekitar 4.000 SM, dan residu sampel anggur di Yunani berasal dari periode yang sama. Tetapi alkohol tidak dikonsumsi dengan cara yang sama seperti saat ini. Faktanya, pada zaman kuno, alkohol dipandang sebagai bahan obat yang penting dan sebagai bagian penting dari makanan .

Sejak minuman beralkohol pertama kali ditemukan, manusia telah menggunakannya sebagai obat . Terlepas dari penghilang stres, sifat santai yang dimiliki alkohol pada tubuh dan pikiran, alkohol adalah antiseptik dan dalam dosis yang lebih tinggi memiliki efek membius. 

alkohol 70

Apa Saja Fungsi dari Alkohol 70% Itu?

Selain bisa digunakan sebagai antiseptik untuk menyembuhkan luka, alkohol 70% itu juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Adapun beberapa manfaat lainnya dari alkohol 70% yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

Untuk Membersihkan Tangan

Manfaat berikutnya dari alkohol 70% yaitu bisa digunakan untuk membersihkan tangan yang terkena kotoran. Hal itu tentunya sangatlah membantu terutama bagi kamu yang saat ini sedang berada di tempat dengan persediaan air bersih sangatlah sedikit.

Di mana untuk membersihkannya cukup memanfaatkan alkohol 70% saja. Adapun tata cara membersihkan tangan menggunakan alkohol 70% itu seperti berikut ini. Langkah pertama silahkan untuk mencampurkan 1 sdm alkohol 70% ke dalam cangkir yang berisi 1/4 gel lidah buaya.

Kemudian aduklah kedua bahan itu hingga tercampur rata. Jika semuanya sudah tercampur rata tambahkan setengah sendok teh gliserin ke dalamnya dan aduklah hingga rata. Tahap berikutnya tambahkan 10 tetes minyak kayu manis dan kayu putih ke dalamnya.

Lalu aduk semua bahan itu hingga rata menggunakan sendok. Apabila semua bahan sudah tercampur rata bisa langsung mengaplikasikan ke tangan untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Digunakan Sebagai Desinfektan

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya fungsi dari desinfektan itu hampir sama dengan antiseptik. Hanya saja dalam hal ini desinfektan merupakan produk yang lebih banyak dimanfaatkan untuk benda mati seperti telepon genggam, permukaan meja maupun pegangan perabotan rumah tangga.

Dalam hal ini jika kamu tidak memiliki desinfektan tersebut bisa memanfaatkan alkohol 70% sebagai penggantinya untuk membersihkan permukaan benda tersebut.

Menghilangkan Aroma tidak Sedap pada Sepatu

Fungsi berikutnya dari alkohol 70% yaitu bisa digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada sepatu.

Untuk cara penggunaannya sendiri terbilang sangatlah mudah yakin kamu hanya perlu menyemprotkan cairan alkohol itu sedikit demi sedikit ke dalam sepatu. Setelah itu tinggal menjemur sepatu tersebut di bawah sinar matahari hingga kering.

Efektif untuk Menghilangkan Noda pada Pakaian

Produk yang dapat ditemukan dengan mudah di apotek itu, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Caranya kamu hanya perlu merendam pakaian yang terkena noda itu ke dalam alkohol selama beberapa menit.

Kemudian silahkan untuk mencuci baju yang terkena noda itu dengan deterjen dan bilaslah hingga bersih.

Menghilangkan Rasa Mual

Berdasarkan sebuah studi larutan alkohol 70% itu sangat efektif untuk mengatasi rasa mual yang terjadi setelah operasi. Bahkan menariknya cairan itu bisa menghilangkan gejala mual hingga 50% lebih cepat jika dibandingkan dengan obat-obat pada umumnya seperti ondansetron.

Dalam hal ini untuk menghilangkan rasa mual itu kamu hanya perlu membasahi kapas dengan alkohol, lalu menghirup aromanya.

5 Efek Samping dari Penggunaan Alkohol 70%

Meskipun alkohol 70% ini kaya akan manfaat, namun penggunaannya perlu dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh melebihi batas.

Hal itu dikarenakan cairan tersebut bisa menimbulkan berbagai macam efek samping jika penggunaannya dilakukan secara sembarangan. Adapun beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi dari penggunaan alkohol 70% seperti berikut ini.
  • Pembengkakan di area bibir dan wajah. 
  • Ruam pada kulit. 
  • Gatal-gatal pada kulit. 
  • Kesulitan bernafas. 
  • Alergi. 
Perlu diketahui bahwa alkohol 70 itu termasuk ke dalam cairan yang mudah terbakar. Oleh karena itu hindarilah untuk menggunakan cairan tersebut di sekitar sumber panas dan api. 
Demikianlah ulasan singkat tentang lima manfaat dari alkohol 70% yang perlu kamu ketahui.
LihatTutupKomentar