-->

Sop Phototeraphy Cozy Bayi

Lampu Phototerapi

Peralatanelektromedik.com-Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang bagaimana SOP cara mengoperasikan dan merawat Phototeraphy merk Natus dengan tipe Cozy kepada sobat elektromedis dimanapun berada.
Pertama bagaimana cara mengoperasikannya
Tujuan :
Sebagai pedoman pengoperasian unit

Ruang Lingkup:
SOP pengoperasian dapat digunakan untuk unit PHOTOTERAPHY NEO BLUE COZY

Prosedur :

Subject : Step-by-step Operation Procedure (SOP) Informasi berikut ini merupakan panduan singkat pengoperasian NEO BLUE COZY 

LED PHOTOTHERAPY. Untuk penjelasan lebih detail dapat dilihat di Operator’s ManualneoBLUE cozy LED Phototherapy System adalah alat yang ringan dan mudah dibawa ( lightweight dan portable device) yang diletakkan di bawah tubuh bayi untuk menghantarkan cahaya phototherapy melalui /via blue light emitting diodes (LEDs). neoBLUE cozy system terdiri dari enclosed LED light panel, mattress, disposable mattress cover, dan power supply. Blue LEDs memancarkan cahaya dengan range of 400 – 550 nm (peak wavelength 450-470 nm). Dengan range ini  adalah range puncak bilirubin, dalam mengabsorpsi cahaya, sehingga merupakan terapi yang paling efektif untuk newborn jaundice.

Menggunakan neoBLUE cozy LED

  • Sambung power supply ke bagian dalam neoBLUE cozy device. Posisikan power cord dari neoBLUE cozy device sedemikian rupa sehingga berada di luar area bayi dan tersambung ke   grounded (3-prong) power outlet.

Channel di dasar dari alas bagian belakang dapat digunakan untuk meletakkan kabel di depan device.


  • Letakkan neoBLUE cozy device sebagai alas (misalnya di bassinet, atau infant warmer). Matras dari bassinet dapat dilepas sebelum meletakkan neoBLUE cozy device.

          
  • Posisikan neoBLUE cozy device sehingga ventilasi udara tidak tertutup selimut atau kain atau posisinya menghalangi  permukaan.

        
  • Tempatkan disposable mattress cover diatas neoBLUE cozy mattressGunakan hanya mattress dan covers supplied  dari device sehingga menjamin sinar terabsorpsi dengan baik oleh kulit bayi.

          
  • Tempatkan covered neoBLUE cozy mattress ke neoBLUE cozy system sehingga terletak dengan posisi data Menggunakan Phototherapy neoBLUE cozy system Catatan : jika anda sensitive terhadap blue light, gunakan neoBLUE cozy device di ruangan dengan penerangan yang baik. Anda juga dapat menempatkan bantal pelindung (bumpers), pelindung kepala ( head protectors ) atau menggulung selimut pada neoBLUE cozy mattress, sekeliling bayi.
    1. Perhatian : tutup mata bayi dengan pelindung mata ( protective eye shields ) sebelum mulai diberikan phototherapy.
    2. Letakkan bayi (telanjang) di neoBLUE cozy device diatas covered mattressCatatan : Kepala bayi harus diposisikan pada bagian pinggir kurva dari device. Bayi di tempatkan dengan posisi terlentang. Bayi dapat ditutup selimut untuk menambah kehangatan.
  • Gulungan selimut, head protectors  atau bumpers  dapat ditempatkan di dalam device sesuai yang dinginkan. Pastikan tidak mengganggu pemberian phototherapy pada bayi. Pastikan selimut tidak menutupi ventilasi
  • Nyalakan phototherapy device  dengan menekan power switch ke posisi ON  “I” position. Catatan : Jika temperature permukaan LED panel akan terlalu panas, cahaya phototherapy akan secara automatis akan mati kemudian kipas untuk ventilasi (ventilation fan) akan beroperasi. Cahaya merah berkedip-kedip akan memberi peringatan pada anda untuk  memeriksa ventilasi udara dan memastikan tidak tertutup. Sekali  temperature menurun, blue LEDs akan secara automatis kembali menyala. Tetapi cahaya merah berkedip – kedip akan tetap menyala, untuk  mematikannya, matikan neoBLUE cozy system dan kemudian nyalakan kembali. Catatan: Matikan neoBLUE cozy light saat memberi makan bayi atau mengganti diaper.
  • Setelah selesai pemberian phototherapy, matikan neoBLUE cozy device (tekan tombol      power ke posisi Standby
Perhatian : Penggunaan dengan inkubator tidak diperbolehkan.

Tahap Perawatan

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk merawat dan menjaga kinerja supaya optimal phototeraphy Led Cozy ini :
  1. Pastikan untuk membersihkan permukaan peralatan secara teratur dengan menggunakan kain yang lembut dan kering untuk menghilangkan debu, kotoran, atau bahan lain yang mungkin menempel pada permukaannya.
  2. Periksa kabel dan konektor secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau aus yang terlihat. Jika ada kerusakan pada kabel atau konektor, segera ganti dengan yang baru.
  3. Gunakan peralatan dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh produsen. Hindari penggunaan yang berlebihan atau penggunaan yang tidak tepat.
  4. Jangan membiarkan peralatan terkena cairan atau bahan kimia. Jika terjadi tumpahan, segera bersihkan dan pastikan permukaan sudah kering sebelum digunakan kembali.
  5. Pastikan peralatan disimpan pada tempat yang aman dan terlindungi dari kerusakan atau kerusakan yang tidak disengaja.
Dengan merawat dan menjaga peralatan Phototherapy LED Cozy dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur peralatan dan memastikan kinerjanya selalu optimal ketika digunakan.



Sekian artikel tentang Cara Mengoperasikan Phototeraphy Cozy, silahkan baca artikel kami lainnya di peralatanelektromedik.com terimakasih sobat elektromedis sudah membaca artikel kami semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar