-->

Jenis, Fungsi dan Harga Spatula Laboratorium

Meskipun memiliki nama yang sama, namun fungsi dan bentuk dari alat laboratorium ini sangatlah berbeda dengan spatula yang ada di dapur. Di mana sendok berukuran kecil itu memiliki fungsi utama untuk mengambil sampel atau bahan penelitian di laboratorium.

Perlu diketahui bahwa di dalam dunia penelitian spatula laboratorium itu dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Walaupun terdapat beragam jenis namun fungsinya tetap sama yakin untuk mengambil sampel penelitian. Lantas apa saja jenis-jenis spatula yang ada di laboratorium itu?

spatula laboratorium

Berbagai jenis spatula memiliki tujuan berbeda di laboratorium. Mereka terbuat dari bahan yang berbeda, dan spatula logam atau plastik ini tersedia dalam dua bentuk berbeda: spatula biasa dan mikrospatula.

Spatula yang digunakan di laboratorium bukanlah jenis yang sama dengan yang kamu temukan di dapur sehari-hari. Spatula ini biasanya lebih panjang dan tipis, dengan ujung yang lebih kecil yang mirip dengan pisau dempul. Ujung peralatan lab spatula ini lebih meruncing untuk mengakses area yang lebih kecil. Di lab, kamu mungkin melihat spatula yang memiliki gagang kayu dan potongan logam yang lebih lebar.

Mikrospatula sangat mirip dengan spatula laboratorium biasa, tetapi lebih kecil, seperti namanya. Peralatan tersebut juga dapat digunakan untuk mengaduk dan mencampur senyawa dalam wadah kecil. Spatula stainless steel dan nikel sangat serbaguna, terutama jika dilapisi dengan polipropilen, dan memiliki ketahanan panas serta bahan kimia yang sangat baik.

Fungsi spatula dalam peralatan laboratorium sangat bergantung pada jenis eksperimen yang dilakukan peneliti. Jadi untuk apa spatula digunakan dalam sains. Penggunaan laboratorium sendok spatula termasuk mengangkut dan mendistribusikan senyawa kimia kering selama analisis kimia.

Spatula digunakan saat menimbang bahan kimia pada timbangan karena memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan jumlah yang sangat kecil. Mikrospatula digunakan di laboratorium kimia untuk membalik, memotong, dan menyebarkan zat selama analisis kimia. 

spatula laboratorium

Tiga Jenis Spatula Laboratorium yang Perlu Diketahui

Di dalam kegiatan penelitian mengetahui jenis spatula laboratorium termasuk kedalam hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya jika kamu menggunakan spatula yang tidak sesuai bisa berakibat fatal terhadap hasil penelitian. Adapun beberapa jenis spatula laboratorium seperti berikut ini.

Spatula Laboratorium Stainless Steel

Bisa dibilang jika spatula laboratorium Stainless Steel menjadi salah satu alat yang paling populer di kalangan para peneliti. Oleh karenanya wajar jika produk tersebut sangatlah mudah ditemukan di laboratorium.

Sama halnya dengan namanya, alat laboratorium satu ini dibuat dari material berupa logam anti karat. Dengan begitu membuat spatula tersebut bisa tahan terhadap tekanan suhu tinggi. Sedangkan untuk ukuran dari spatula itu sangatlah kecil.

Bahkan ukurannya lebih kecil dari sendok makan yang biasanya kamu gunakan tersebut. Untuk fungsi utamanya spatula jenis ini digunakan sebagai alat mengambil sampel berukuran kecil yang sebelumnya telah dipotong-potong terlebih dahulu.

Spatula Nikel

Bukan hanya nikel saja namun spatula ini juga dibuat dari bahan berupa kaca berdiameter 4 mm. Di mana spatula tersebut memiliki fungsi utama untuk mengambil bahan-bahan kimia selama proses penelitian berlangsung.

Bukan hanya itu saja namun tidak sedikit juga para peneliti yang menggunakan spatula nikel tersebut untuk mengaduk bahan ketika membuat larutan. Meskipun begitu spatula nikel ini tidak diperkenankan untuk digunakan mengaduk larutan asam.

Pasalnya jika spatula nikel itu kamu gunakan untuk mengaduk larutan asam bisa membuatnya bereaksi. Spatula Politena Jenis spatula berikutnya yang perlu kamu ketahui yaitu politena. Karakteristik dari spatula politena ini yakin dibuat dari bahan dasar berupa tanduk binatang misalnya kerbau maupun sapi.

Untuk bentuknya sendiri spatula ini hampir sama dengan sendok makan yang kamu gunakan sehari-hari. Hanya saja fungsinya berbeda di mana spatula tersebut berguna untuk mengambil berbagai macam bahan kimia bertekstur padat dengan volume sangat banyak.

Nantinya spatula jenis ini bisa anda gunakan ketika menimbang sampel pada neraca analitik apabila beratnya mempunyai volume lebih banyak.

Spatula Laboratorium Logam

Berbeda dengan produk sebelumnya, spatula logam ini dibuat dari bahan dasar berupa besi. Perlu diketahui bahwa di dalam proses pembuatannya besi itu akan dicampurkan dengan bahan anti karat lainnya sehingga membuat kualitasnya sangatlah unggul.

Sedangkan fungsi utama dari spatula logam ini yakin digunakan untuk mengambil objek berukuran kecil yang telah melalui proses pengikisan. 

spatula laboratorium

Kisaran Harga dari Spatula Laboratorium yang Ada di Pasaran

Jika berbicara mengenai harga dari spatula laboratorium yang ada di pasaran itu cukuplah bervariatif. Di mana untuk mahal atau tidaknya harga dari spatula ini ditentukan berdasarkan bahan yang digunakan. Adapun informasi lengkap mengenai kisaran harga dari spatula laboratorium yang ada di pasaran seperti berikut ini.

Spatula logam yang dibanderol dengan harga mulai dari 10 ribuan. Spatula nikel yang dibanderol dengan harga mulai dari 100 ribuan. Spatula politena yang dibanderol dengan harga mulai dari 20.000.

Cara Memakai Spatula Laboratorium dalam Penelitian

Pada dasarnya cara pemakaian dari spatula laboratorium itu sangatlah mudah dilakukan. Bahkan dalam hal ini seorang pemula pun bisa melakukannya hanya cukup melihat tutorial di YouTube saja. Adapun langkah-langkah penggunaan spatula laboratorium dalam penelitian seperti berikut ini.
  • Pertama siapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang hendak dipakai di dalam penelitian tersebut.
  • Kemudian silahkan untuk melakukan pemindahan bahan dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan spatula laboratorium tersebut.
  • Lakukanlah pemindahan bahan itu secara hati-hati. 
  • Terakhir bahan untuk penelitian sudah berhasil dipindahkan dari tempat satu ke tempat lainnya. 

5 Rekomendasi Model Spatula Laboratorium Terbaik yang Bisa Digunakan Untuk Menunjang Kegiatan Penelitian 

Perkembangan zaman yang semakin pesat untuk menemukan spatula laboratorium saat ini sangatlah mudah. Pasalnya produk tersebut bisa kamu beli dari rumah cukup memanfaatkan ponsel yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet saja. 

Dengan begitu bisa menghemat waktu dan tenaga. Bukan hanya itu saja namun model dari spatula laboratorium yang ada di pasaran juga cukup beragam. Adapun beberapa rekomendasi model spatula laboratorium terbaik yang ada di pasaran seperti berikut ini. 

  • Fluorine Coating Spoons. 
  • Micro Spatula Laboran Package. 
  • Spatula Flat pada Kedua Ujungnya. 
  • Spatula Runcing. 
  • Micro Spatula. 
Demikianlah ulasan singkat tentang jenis-jenis spatula laboratorium yang ada di pasaran dan perlu kamu ketahui.
LihatTutupKomentar